Monday, April 22, 2013

Hidup


Menurut lo “hidup” itu apa si? akhir-akhir ini gue jadi sering merenung masalah hidup ini. merenung masalah apa tujuan hidup gue, apa motivasi hidup gue, hidup gue untuk apa, gue ini hidup apa mati? banyaklah pokoknya yang gue lamunin.
 Gue sekarang lagi kuliah di salah satu univeritas negri di malang gue udah pernah bilang sapa tau aja lo belum baca postingan gue yang sebelumnya. Waktu matakuliah perubahan sosial dosennya dateng telat gue iseng-iseng tanya sama temen-temen gue tentang lamunan gue tadi. Gue iseng-iseng tanya apa makna hidup bagi mereka, tapi Cuma di wakilin sama 1 kata. Dan inilah jawaban mereka satu-satu:


Makna hidup buat kalian apa? di wakilin sama 1 kata saja!
Vina: cinta
Anisa: jujur
Putra: mencari
Rifai: sukses
Mirza :bayangan
Bai: kejam
Agung: fun
Leon: bebas
Bastian: gak tahu
Hanif: Hisyam
Syifa: perjuangan

Itulah jawaban mereka tentang makna hidup. anak-anak yang di atas itu belum semua anak kelas gue,  masih banyak yang belum gue tanya. Kayaknya segitu aja udah cukup untuk mewakilin makna hidup anak kelas gue. Kenapa gue mintanya Cuma di wakilin 1 kata? bukan karena gue entar nulisnya panjang, Cuma takut guenya aja yang gak nyambung gara-gara jawaban mereka yang panjang dan susah gue ngartiinnya. Tau sendirilah anak sosial gimana jawabannya -_-.

Ok sekarang gue bahas tentang Vina dulu. Vina ini kalo di kelas dia anaknya diem, diem banget, tapi kalo di ajak ngobrol enak, bisa nyambung sama bisa nanggepin kalo kita butuh saran. dia gak suka berantem, pokoknya kalemlah. kata “cinta” yang dia bilang untuk wakilin makna hidup dia itu kayaknya pas bangetlah buat karakter dia.

lanjut  Anisa, dengan kata “jujur”nya. Dia anaknya diem, diem banget, dia itu ngomong kalo tanya ke dosen, selain itu?  gak bakal ngomong lagi. Kalo di ibaratin hp, dia ini kayak hp yang ada di dalam ruang rapat penting, jadi profilnya harus di “senyap” gak ada suaranya. Gue gak tau deh anakya jujur apa enggak, ya ngomong aja gak pernah -_-. tapi IPnya 3,7 gila bangetkan.

sekarang Putra, dia orangnya diem, diem, diem terus boker. mirip Anisalah saking diemnya sampek sering tidur di kelas. dia orangnya cuek banget. kalo ada yang bilang “be your self” dia nih orangnya, gak peduli apa yang orang lain bilang, dia ngelakuin yang dia suka, yang gak dia suka? jangan harap dilakuin. saking cueknya anak ini, ke kampus jarang mandi, setelannya celana jeans, kemeja gak di kancingin lengannya, sepatu croch pink  yang sudah kekecilan terus di ijek belakangnya, rambut acak-acakan pokoknya gitulah. Gue liat dari wajahnya anaknya kayak punya banyak masalah soalnya murung gitu diliatnya, tapi dari jawaban yang gue dapet kemarin gue baru tau, dia bukan banyak masalah tapi dia masih mencari-cari makna hidupnya, mencari kepastian, mencari sisir, mencari sepatu yang pas, ya gitulah. kayaknya dia hidup untuk mencari kepastian, entah itu tuhan atau segala pertanyaan yang ada di dia.

Rifai, bocah Madura ini. awas lo kalo nyari gara-gara sama anak ini. gue liat si dia orangnya teguh pendiriannya, gak suka di usik. dia bilang kalo makna hidup dia itu “sukses”  mungkin dari teguh pendiriannya itu mmungkin ya , jadi bagi dia hidup itu sukses, kalo gak sukses bukan hidup hehehe.

mirza, anak bekasi yang nyasar di malang, ininih kata yang paling keren buat gue. waktu gue tanya “makna hidup buat lo apa mir?” dia lansung jawab “bayangan” *pasang wajah inosen* sampek sekarang gue masih gak ngerti bayangan yang kayak gimana yang dia maksud. apa hidup dia itu gak nyata buat dia. jadi seperti bayangan yang abstrak.

Bai, nama panjangnya Baiatu rohani, gak ngerti deh sama ini anak kayaknya hidunya sensara banget sampek bilang makna hidupnya “kejam”. sering di phpin, di selingkuhin, di hianatin mungkin ya hidupnya sampek bilang hidup itu kejam hahaha.

Agung, hidup bagi dia itu “fun” keliatan banget, dan gue udah nebak sebelum dia jawab kalo makna hidup dia itu “fun”. Dia itu mau ngelakuin segala sesuatu yang seneng-seneng aja yang susah-susah? jangan harap mau ngelakuin. Pernah sekali gue ajak naik gunung dan gue ajakin lagi dan jawabnanya “males, ngapain naik gunung? capek gitu, mending di kos”, yagitulah.
Leon, nama panjangnya Leon Nouval Lolang, anak cameramen terkenal ROY LOLANG, ini gue serius. “bebas” kata itu yang keluar dari mulut dia. emang semaunya banget ini anak. dia suka sama hal-hal tentang alam gitu deh, temen gue banget ini :3 . Dan ngaret banget, pernah kuliah 9.40 dateng jam 10.00. ngumpulin tugas uts jam 3, dating setengah 4. saking ngaretnya pernah buat taruhan, Leon datang kuliah jam berapa, dan gue menang 6000. I love you leee :*
bastian, bocah betawi yang gak jelas banget kelakuannya. pas gue tanya apa makna hidup dia, dia malah jawab ”waduh, aapa ya sam? gak taulah” kurang lebih kayak gitu. ketauanlah dari gak jelasnya dia hahahaha piis bass :D

Dan yang paling ngaco ini adalah Hanif, nama panjangnya Hanifatus solikha. anak malang yang pindah ke Kalimantan dan sekarang balik lagi ke jawa buat kuliah. Dengan serius gue tanya “Makna hidup buat kamu apa Nif? di wakilin sama 1 kata saja” dan dengan santai sambil senyum-senyum dia jawab “Hisyam”. males deh gue  nerusinnya, udah terlanjur berbunga-bunga hati gue hahaha :P

Lanjut Syifa, dia diem, asik dan nyambung buat di ajak ngobrol. bagi dia hidup itu “perjuangan”, pas banget ini. cocok banget sama yang ada di otak gue.Bagi gue juga perjuangan, sehati mungkin kali ya gue sama syifa hahaha. menurut gue hidup itu emang perjuangan banget, lo mau sukses? pacar? mobil? rumah? IP 4? kaya? masuk surga? semua butuh perjuangan. Gak ada ceritanya hidup tinggal tidur terus jadi kaya, kecuali lo nikah sama janda kaya yang umurnya udah 80 tahun, baru lo bisa kaya.

Mark Zuckerberg yang nyiptain Facebook sekarang dia masuk di jajaran orang terkaya di dunia dan hebatnya lgi dia adalah anak muda terkaya yang pernah ada dalam sejarah dunia. dia nyiptain Facebook tinggal tidur? enggak. doi butuh proses dan proses itu adalah sebuah perjuangan. walaupun sekarang citranya lagi jelek soalnya di sebut sebagai bapak alay dunia #canda . kalo lo ngaku lo hidup, lo harus berjuang. kalo hidup lo Cuma anteng aja, datar , lurus menurut gue itu bukan hidup, dan kayaknya gak bakal ada hidup yang kayak gitu. lo harus berjuang buat hidup yang layak, buat bahagia, buat bahagiain orang tua lo, dan buat masuk surga. fighting!


5 comments:

  1. he, pernyataanku g mbok post sam? -_- menyebalkan

    ReplyDelete
  2. jawaban kenapa hidup itu kejam, uda aku posting d blog.ku tuh sam. . Bkan karena gegara aku di duain ._.

    ReplyDelete
  3. makasih sudah baca dan komen :D

    ReplyDelete