Wednesday, May 1, 2013

SMA


Tulisan gue kali bakal bahas tentang pengalaman gue waktu SMA. Gue nulis postingan ini gara-gara buka-buka file lama, jadi nostalgia gitu  sama wajahunyu jaman SMA. ok deh lanjut, yang masih SMA wajib baca, yang udah kuliah juga wajib baca, yang masih balita gue saranin jangan.


SMA! Mungkin bagi kalian yang masih SMP pasti pengen banget cepet-cepet ke tingkat itu dan  yang SMA juga pengen cepet-cepet buat kuliah. Gue juga ngerasain hal yang sama waktu itu. Gak tau kenapa waktu gue smp gue pengen banget cepet-cepet SMA dan gak sabar buat pakek baju putih abu-abunya. Setelah SMA kayaknya sama aja gak ada yang asik, gue ngerasa bosen dan pengen cepet-cepet lulus dan kuliah. Gue gak bisa nikmatin waktu SMA gue, yang gue pikirin Cuma cepat lulus dan cepat lulus, ini kesalahan.  Setelah gue kuliah, gue baru ngerasai gimana rasanya kangen SMA, gue ngerasa pengeen banget balik ke jaman dulu waktu putih dan abu-abu masih melekat di baadan gue.

Gue gak ngerti pemerintah emang sengaja apa enggak tentang pemakaian sergam putih abu-abu buat anak SMA. Rasanya pas banget sama masa pencarian jati diri ini harus memakai putih abu-abu,  gak peduli mana yang baik dan mana yang buruk yang ada semua hanya abu-abu yang gue anggep semua relative, baik buruk masih belum  kelihatan. mungkin itu juga kan yang kalian alami waktu SMA atau yang sekarang masih SMA. Jujur gue sekarang pengen balik kemasa itu, andai ada mesin waktu gue Cuma pengen balik ke masa itu.

Hal-hal yang gue kangenin dari masa sma itu, bolos sekolah buat maen ps, kejar-kejaran sama guru biar rambut yang panjang gak di potong, bolos kelas, maen kartu waktu gak ada pelajaran, nongkrong di depan kelas sambil ngecengin adek-adek kelas *ehem, tiduran bareng di kelas, di setrap gara-gara gak ngerjain tugas atau telat masuk kelas, kayaknya gak bakal cukup kalo semua kenangan itu gue tulis disini. Gue kangen kanangan-kenangan itu. Coba deh lo inget-inget gimana rasanya di panggil guru bp, di hukum sama guru, di kunci depan  pager sekolah, hal kayak gini gak bakal lo temuin di bangku kuliah.

Bangku kaliah gak bakal ada yang namanya di panggil guru bk gara-gara bolos, gak bakal di kejar-kejar gara-gara rambut panjang, gak bakal ada seragam, semua terserah lo. Buat lo yang masih sma mungkin mikir kalo hal kayak gitu itu asik, emang gue juga ngerasa gitu. Tapi percaya deh sama gue, lo bakal kangen sama hal itu. Puas-puasin masa SMA lo buat seneng-seneng dan bikin cerita sebanyak mungkin di SMA, ketika  lo uda laluin hal itu lo bakal punya kenagan yang banyak banget, dan lo bakal ketawa-ketawa sendiri ketika lo inget hal-hal itu.

Saran gue sma jangan Cuma sekolah, belajar, baca buku, ngerjain pr. Kalo lo Cuma kayak gitu lo bakal gak dapet feelnya jadi anak SMA #apasi sam. Lo nakal gak papa asal jangan malu-maluin orang tua. Lo mau bolos, ngerokok, minum, pacaran terserah lo. Yang epnting masih inget agama. Lo pasti mikir “gila lo sam masak gue harus nakal?” ketika gue masih kuliah gue ketemu sama anak-anak Jakarta yang lumayan nakal. Dan kalo kita lagi nongkrong kita selalu cerita tentang kenalan-kenalan jaman SMA, dan gue iri, mungkin kalo waktu itu gue lebih nakal dikit gue bakal punya banyak cerita kayak mereka, disini jangan liat dari dapet ceritanya atau nakalnya, tapi liat dari pengalaman yang lo dapet di SMA. Dan jangan sampek lo lakuin lagi di kuliah.

Kalo lo udah puas nakal di SMA, lo bakal asik buat kuliah. Kok gitu? Karena waktu lo di ajak nakal sama temen-temen lo, lo gak bakal heran dan ngerasa bosen dan mungkin di pikiran lo bakal bilang “oalah Cuma gitu, bosen di SMA gue uda kayak gitu” tapi tergantung lonya juga. Nah dan beda lagi sama anak yang SMAnya belum pernah nakal. perhatiin yaa kalo lo kuliah atau yang nanti mau kuliah. temen-temen lo yang dulunya diem, gak neko-neko, alim atau di kekang ortunya waktu SMA, lo bakal liat anak-anak seperti mereka inilah yang bakal nakal banget, karena mereka ngerasa waktu SMA di kekang dan inilah saatnya bales dendam. Dan mereka bakal gampang terbawa arus buat nakal. Karena mereka merasa ingin mencoba hal-hal (nakal) baru, apa lagi tanpa pengawaasan orang tua. Mereka bakal ngerasa bebas sebebas-bebasnya. Tapi gak semua gitu, lagi-lagi tergantung lonya aja.

Dahlan iskan pernah bbman sama gue dan bilang “ sam, setiap orang punya jatah gagal dalam hidupnya, maka habiskanlah jatah gagalmu waktu muda” kurang lebih kayak gitulah. Dan ini alasan gue nyuruh lo buat nakal di SMA, jatah gagal (nakal) lo tu habisin aja waktu SMA, dan waktu kuliah lo serius biar cepet lulus, kerja, NIKAH! *capslockeror . kalo lo diem, rajin, alim waktu SMA dan lo malah nakal di kuliah, lo salah bang.     

Sori-sori gue sok-sokan ceramah, kembali lagi ke topik. SMA “is the best time in the world” jangan sia-siain waktu yang sangat indah itu dengan hal-hal yang membosankan. isi hari lo sama hal-hal yang indah dengan cara lo sendiri. paus-puasin foto bareng temen-temen lo, kalo bisa pakek seragam. waktu gak bisa di ulang, bukan hanya SMA aja yang gak bisa di ulang tapi dulu, tahun lalu, bulan lalu, kemarin, sejam yang lalu, detik yang lau semua gak bisa lo ulangin, lakuin hal terbaik yang pernah lo lakuin tiap detik agar ketika lo inget masa itu lo bakal ketawa karena bangga atau sekedar malu karena kelakuan konyol. jangan pernah ngelakuin hal bodoh kalau lo gak mau duduk di pojokan sambil bershower dan dalam hati bilang “ngapain dulu gue ngelakuin hal bodoh itu”. terimakasih sudah singgah dan membaca postingan ini :D

            

3 comments:

  1. http://ririputriramadani.blogspot.com/
    join site ku sam

    biar nambah follower hehe

    ReplyDelete
  2. "Dahlan iskan pernah bbman sama gue" << ngarep -_-

    ReplyDelete
  3. terimakasih sudah berkunjung dan membaca :D

    ReplyDelete