Tuesday, October 8, 2013

Dramaturgi

dramaturgi, ada yang pernah denger dramaturgi gak? dramaturgi  adalah sebuah teori sosiologi komunikasi  yang di bawa oleh om Erving Goffman yang intinya  adalah kalo seluruh orang yang ada di dunia ini gak ada yang orisinil jadi yang di lakuin cuma atas dasar formalitas, tutuntutan, dan yang paling frontal lagi secara gak sadar kita melakukan hal ini.

 jadi dramaturgi ini sistemnya kayak drama ada sebuah panggung, pemain drama, dan penonton drama. layaknya drama, dramaturgi dibagi menjadi dua bagian back stage dan front stage. back stage buat kita siap-siap, dandan, latian apa ajalah yang biasa di lakuin artis sebelum tampil. dan fraont stage, totalitas, bersandiwara layaknya peran yang kita dapat.

jadi menurut teori ini gak ada orang yang apa adanya, kata-kata be your self? lupakan! gue baru sadar kalo semua orang yang ada di dunia ini itu berdrama, bersandiwara. mungkin masih ada bagian diri lo yang masih orisinil tapi itu sangat kecil, balik lagi ke awal kita hidup di jaman yang sangat menuntut dan mau gak mau lo harus ngelakuin itu. contoh lo mau kuliah lo ya lo berperan jadi mahasiswa, lo nongkrong ya lo jadi anak tongkrongan gak harus formal lagi kayak kuliah.

dramaturgi cuma sebuah teori, gak usah di perduliin tetep jadi diri lo sendiri, mau lo jelek, mau orang ngomong apa terserah gak usah di perduliin, yang penting bisa menempatkan diri.


inti tulisan gue si cuma segitu aja ini lagi bingung mau nulias apa lagi, oh iya gue dapet teori ini waktu mata kuliah sosiologi komunikasi.kalo ngomongin dramaturgi gue jadi inget pepatah “ hidup ini bagaikan panggung sandiwara,” tapi masih banyak yang aktingnya jelek. makasih buat yang udah baca postingan ini, semua yang gue tulis di postingan ini dan postingan lainnya cuma opini gue, kalau beda sama opini lo berarti kita gak seopini #cariaman.

No comments:

Post a Comment