Monday, June 24, 2013

Cita

Cita-cita, seinget gue si dari TK masalah cita-cita ini pasti udah di tanyain sama guru, iya gak? nah kali ini gue juga mau bahas tentang cita-cita ini. sebelum gue mulai banyak ngetik gue tanya cita-cita lo apa? sekarang renungin buat kedepannya
. Gue dulu paling benci sama pertanyaan “ Hisyam kalo gede mau jadi apa?” berhubung gue bukan susan, jadi gue gak jawab dokter. iya gue benci banget sama pertanyan itu. bukan karena bosen sering di tanya itu, tapi gue bingung mau jawab apa.


TK gue pernah ditanya “Hisyam kalo gede mau jadi apa?” gue mikir dulu 5-10 menitan baru gue bisa jawab. kalo gak salah gdulu gue jawab “polisi” deh. SD gue juga pernah di tanya lagi dan gue jawab “dokter”. SMP gue juga dapet pertanyaan itu lagi dan gue jawab jawab “guru ngaji di jakarta” alasan gue jawab gitu karena gue gemes banget sama sinetron, ftv, pengajian di tv yang kalau baca alquran makhroj atau pengucapan hurufnya kurang banget. SMA gue dapet pertanyaan ini lagi dan gue jawab “gak tau”. parah bangetkan? padahal cita-cita inikan bisa di bilang tujuan hidup, jadi hidup lo harus merepretasikan semua hal ke cita-cita lo. Tapi ya ginilah gue sma bukannya makin bener tapi malah gak tau tujuan hidup gue.

Pertanyaan “Hisyam kalo gede mau jadi apa?”  ini gak berhenti di SMA saja, waktu masuk bangku kuliah gue dapet pertanyaan ini lagi, parah bangetkan kalau gue gak bisa jawab lagi. Ceritanya gue  dapet pertanyaan “ Hisyam kalo gede mau jadi apa?” ini geu dapet waktu gue baru banget masuk kuliah, lebih tepatnya  waktu gue ospek. Jadi gue dulu kuliah di universitas swasta di malang, buat jaga-jaga kalo gak masuk snmptn. Ospek di universitas ini wah banget, nama ospeknya P2KK. Jadi maba yang masuk universitas ini harus ikut P2KK kalo mau kuliah di universitas ini dan sertifikat dari p2kk ini adalah tiket buat skripsi. 

P2KK ini bentuk acaranya kayak pesantren kilat gitu, jadi tiap hari kerjaannya ngaji, tidur, sholat, materi.  Pokoknya pesantren bangetlah, nah pas waktu materi salah satu mentornya bahas tentang cita-cita,  di kelas ini mukanya meyakinkan-meyakinkan banget. Cuma gue kayaknya yang mukanya ganteng gak banget.  Dikelas itu diisi sama semua anak fakultas apapun, dari kedokteran, pertanian, teknik, ekonomi dan kebetulan gue anak ekonomi, jadi muka gue agak ijo-ijo dolar gitu.

“Assalamualaikuam “ suara mentor yang cantik mulai terdengan memasuki kelas dengan memegang perut yang berisi janin 7 bulan. Kenapa jadi novel banget gini ya? Mentor yang bersenjatakan pertanyaan “ Hisyam kalo gede mau jadi apa?” itu masuk.  “Nama saya Surti, kali ini materi kita bakal bahas tujuan hidup atau cita-cita kalian” read: surti= gue lupa namanya dulu siapa. Jadi kita di suruh duduk melingkar di bawah, lesehan gitu. “ Yaudah sekarang saya mau tanya satu-satu, tujuan kalian hidup apa? mulai dari kamu” Beliau nunjuk temen gue yang paling ujung.  “Cita-cita saya sederhana bu, saya cuma pengen ngeliat orang tua saya bahagi, saya pengen bikin orang tua saya bangga, saya pengen hafal semua  lagunya suju  ayat alquran bu” dan banyak lagi. 

Jawaaban temen gue keren-keren banget, gengsikan kalo gue yang di tanya terus gue jawab “guru ngaji di Jakarta bu”, padahal giliran gue bentar lagi. gue muter otak banget buat nemuin jawaban yang keren, tapi gak nemu  -_- . Oh iya gue lupa, ada jawaban temen gue yang keren banget, sumapah parah kerennya  “ tujuan hidupmua apa?”  mentor tanya, “saya mau jadi dokter bu” jawab temen gue reza, “oooh kamu anak kedokteran yaa”  tanya mentor lagi, “ bukan buu, saya anak kehutanan”  jawab santai temen gue, *mentor gue keluar kelas*.

Ok balik lagi ke nasib gue yang udah dekat dengan ajal giliran gue.  “Ayo sekarang mas yang ganteng itu” mentornya nunjuk gue. “Saya bu?” jawab gue pura-pura bego. “Iya kamu, silahkan berdiri mas” jawab beliau. Kampret bangetkan giliran gue aja harus berdiri jawabnya. Gue mikir keras buat nemuin jawaban yang keren banget. Dan akhirnya, gue gak nemu juga. “Iya silahkan mas, di mulai mau ngomong apa” mentor gue gak sabar ngeliatin gue yang ganteng cuma berdiri aja.”Sama saya ahmad hisyam saya dari jurusan manajemen, cita-cita saya mau masuk surge“ jawab gue ngasal. Gak tau deh dari mana gue dapet jawaban ngasal kayak gitu. “alasannya mas hisyam apa kok cita-citanya mau masuk surga” tanya mentor gue lagi. “Alasan saya kalau saya masuk surga, saya pasti sudah bisa membahagikan orang tua, sudah menjadi anak sholeh,  inti dari jawaban saya ini adalah merangkum semua jawaban temen-temen saya ini tadi buu. Dan bukannya tujuan manusia hidup di dunia ini menyiapkan bekal buat di akhirat bu, buat di Surga” gak tau deh gue dapet jawaban sekeren itu dari mana.


Buat lo yang masih bingung cita-cita lo apa? mending ngikut gue aja deh. masuk surga ini tujuannya cuma satu, ya masuk surga itu tapi bisa ngewakilin cita-cita yang mulia lainnya. Dan muali saat itu gue bercita-cita masuk surga, memang gak sesederhana pengucapannya tapi gue bakal mencoba dan harus merepretasikan hidup gue kesana. jadi selama 18 tahun hidup di bumi gue baru punya cita-cita waktu kuliah itu, parah bangetkan. Lebih baik terlambat dari pada gak sama sekali. Dan cita-cita gue ini kayaknya gak bakal ganti lagi sampai gue mati nanti. Terima kasih sudah membaca postingan ini. 

2 comments: