Wednesday, January 30, 2013

Bromo


Cerita kali ini terjadi pada 4 januari 2012, gue bakal cerita tentang petualangan paling random di hidup gue, Ini cerita tentang petualangan dora 2 orang anak manusia yang sakit jiwa. Gue suka banget sama yang namanya traveling,
tapi traveling gue beda sama yang lain karena travel gue tanpa persiapan dan dadakan banget, don’t try this at home!. Biasanya si gue maennya sama Alip . Nah  berhubung jadwal ngegalau dia di rumah lagi penuh, jadi gak enak aja  buat ngajak dia. Kok malah bahas dia ya - -“ .Udah-uda lupain si tukang galau itu, sekarang bahas tentag petualangan dora gue aja.

Ini berawal dari liburan akhir semester kita yang garing banget, lebih garing dari pada gorengan pinggir jalan. Petualangan gue kali ini berawal waktu ngumpul bareng teman-teman gue. Mereka cerita kalo nasib liburan mereka mengenaskan banget, ya sama si kayak liburan gue, yang tiap hari bisanya keluar masuk kamar kayak orang gak punya semangat hidup gitu. Nah salah satu temen gue ngusulin buat liburan bareng,  ide bagus. Tapi harus hari itu juga, dan waktu usul itu uda jam 23:00. Sebenarnya gue seneng yang dadakan gini , karena pasti bakalan seru. Nah berhubung uang di kantong tinggal 20ribu, gue sama temen gue dhani, usulin kalo liburannya besok aja, yang deket-deket sini aja. tapi mereka tetep gak mau. Ya udah akhirnya hari itu juga gue sama dhani ngerencanain mau maen ke kakek bodoh. Bukan, bukan karena kakek itu gak pernah belajar kayak gue jadi bodoh, tapi itu nama tempat wisata air terjun di daerah pandaan kabupaten Pasuruan , tempatnya gak jauh dari rumah gue (Sidoarjo) Cuma 15-20 km.
Nah paginya dia hubungin gue, dia bingung mau pakek baju apa, celana apa, kancut apa, dan parahnya lagi dia belum mandi. Sama si gue juga belum mandi.
Dhani: pakek celana pendek aja ya
Gue: ok
Dhani: tapi aku belum mandi
Gue: sama
Dhani: gak usa mandi aja ya
Gue: iyaaa
Nah setelah debat masalah mandi, akhirnya jam 11:00 dia sampai rumah gue, berhubung gue juga baru bangun gue lansung cuci muka, ganti baju, berangkat. Selama perjalanan, kita masih galau masak mau ke kakek  bodoh, kitakan uda sering ke situ. Gue kaget tiba-tiba dhani berhenti di sebuah goa yang gelap gulita, dan ini bohong. Reflek, gue lansung tanya karena kita belum sampek tempat wisata itu.
Gue: kok berhenti?
Dhani: tunggu-tunggu, bener mau ke kakek bodoh?
Gue: gak tau, tapi gue juga bosen sih.
Dhani: lha terus lo mau kemana?
Gue: gak tau.
Dhani:gimana kalo kita ke bromo?
Gue: serius?
Dhani: iyaaaa
Gue: okelah berangkat!
Dhani: lo tau bromo dimana?
Gue: tau, di probolinggokan.
Dhani: Anak alay sidoarjo juga tau. *ok, gue kesindir* Tau jalannya?
Gue: gak hehehe
Dhani: ya udalah kan ada petunjuk arah.
            Tau gunung bromo? kalo menurut wikipedia:
Gunung Bromo (dari bahasa Sanskerta: Brahma, salah seorang Dewa Utama Hindu), merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.
Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo,Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.
Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.

Nah kebayangkan lo. Dari sidoarjo, ada dua anak, naik motor metik, BELUM MANDI #penting, Cuma bawa uang 100, gak tau jalan ke bromo, mau ke bromo. Yang belum tau gimana jalannya, kemana arahnya, jauhnya kayak apa, rasa apa gila gak tuh?. Lo tau bromokan, itu tu gunung yang ada di kabupaten probolinggo.
Ok lanjut dari pandaan kita jalan terus ke arah Malang. sampai pertigaan purwosari , terus belok kiri.  berhubung kita capek , kita berhenti di warung buat beli air minum. Sekalian gue tanyak ke ibu yang jual air minum itu tadi. Buk arah ke bromo itu kemana ya?, kata ibunya “nah ini lurus aja dek, gak jauh kok, ntar ada lampu merah belok kanan” semangat dong gue , ibu itu tadikan bilang kalo gak jauh. Tapiiiiiiiiiiii naik motor ngebut 20 menit gak sampai-sampai. Kayaknya gue di kerjain sama ibu itu.
Akhirnya ketemu juga tuh lampu merah, lansung belok kanan dan lurus terus. Gak lama jalan eh ada lagi jalan bercabang. Galau lagi deh, tapi kata dhani “jalan kebenaran itu selalu ada di kanan sam” #sok tau banget. Tapi gak tau kenapa gue nurut aja dan belok kanan. Berhubung uda jam 13:30 kita mampir dulu ke masjid buat pipis sholat dan berdoa semoga di kasih keselamatan dan kelancaran dalam perjalanan , kitakan muslim yang baik hehehe. Istirahat bentar terus lanjut jalan lagi. Gak lama jalan kita uda sampai pegunungan hutan gitu deh, jalannya mulai naik, turun, naik lagi, turun lagi ,belok kanan, belok kiri , tikungannya tajam-tajam tapi sumpah seru, kalo belok bisa kayak Rosi. Gue yakin Rosi latihan moto gp dulu disini.
Bosen liat hutan terus akhirnya ada rumah juga, lumayan deh bisa tanya, ada ibu-ibu ngumpul gue tanyain . “buk ini bener jalan ke bromo?” *pasang wajah melas. “ iya dek bener, tapi kurang 35km lagi”, mampus!. Prasaan tadi gue uda jalan jauh banget kok masih 35km lagi. Ya udalah masak sampai sini balik pulang lagi. Nah pas sampai di hutan lagi , gue keinget ceritanya si ayik kata dia si kalo kesana itu harus bawa botol air minum yang gede buat tempat bensin, karena di sana gak ada yang jualan bensin.
Parahnya kenapa gue baru inget di tengah hutan gini. Ya udalah pasrah aja, kita jalan terus eh nemu perkampungan lagi, dan alhamdulillahnya ada yang jualan jual bensin eceran, Sialan gue di bo.ongin sama si ayik, katanya kan gak ada yang jualan bensin. Emang si ada bensinnya tapi harganya itu loh masak 1 liternya Rp6000, kayaknya daerah sini gak ikut subsidi bbm kali ya. Sekalian isi bensin gue juga liat jam di rumah ibu yang jualan bensin , gue heran kok jamnya tetep jam 13:30 prasaan gue sholat tadi juga jam 13:30, apa bromo ini ikut WITA kali ya? Karena gue penasaran, gue tanya ke ibu yang jualan bensin,  itu jamnya itu bener apa gak. Dan ibu itu jawab, bener. Sumpah ajaib banget.
si Dhani juga Tanya masih jauh apa gak kalo ke bromo dan ibu itu jawab kalo kurang 20km lagi. Sumpah ajaib lagi padahal kita jalan uda lamaaaaaaa banget tapi kok masih kurang 20km lagi ya.
Nah selesai ngisi bensin, gue lanjut deh jalan lagi, kata ibu itukan 20km lagi ntar ada banyak tukang ojek belok kiri. Tapi beneran deh sumpah rasanya kayak 100kg gak sampai-sampai. Setelah mendaki gunung lewatin lembah akhirnya ninja hatori mengalahkan musuhnya ketemu juga para tukang ojek itu. Nah kita seneng banget di situ karena ada tulisan “selamat datang di kawasan wisata bromo” gue kira kita sampek. Tiba-tiba bapak ojeknya bilang
Bapak ojek: Dingin dek?
Dhani: iya pak.
Bapak ojek: di atas lebih dingin mending lansung ke atas sekarang aja ke bromonya, dari pada kedinginan disini.
Gue: lho belum sampek ini pak?
Bapak ojek: belum masih 9km lagi .
Gue&dhani: ya udah pak makasih *melongo kayak kebo di sawah*
Mau gimana lagi kurang 9km lagikan masak nyerah, ya udah lanjut lagi-lagi mendaki gunung lewati lembah dan akhirnya gak sampek juga . Jalannya makin ke atas makin naik banget , tapi gak papalah “semangaaaaat” kata dhani dari belakang. Sialan tu anak gak tau dingin banget gini apa, enak dia belakang gak kena angin, gak ikut nyetir, bisa bbman, smsan , lha nasib gue ini gimana.
Akhirnya dengan Kedinginan, kecapek, kelaparan, kegaluan gue jalanin biar bisa liat pemandangan di bromo dan akhirnya jengjeng!!! 

  gak kayak gini tapi ketutup kabut.
             Lo tau gue sama dhani di bromo ngapain? Kita berdua di bromo cuma nyalurin bakat narsis kita, minum kopi, dhani beli mi rebus+ngerokok, nah gue ngeliatin sambil ngiler. Uda gitu dong terus pulang, gak usa gue certain pulangnya. pokoknya gue selamat sampai rumah, dan bisa nulis postingan ini.

Nah hikmah yang bisa di ambil dari cerita ini:
 -jangan pernah pakek celana pendek
 -jangan pakek sandal
 -jangan bawa uang 100 ribu, bawa 1 juta kalo bisa
 -kalo naik motor mending bawa botol air minum yang gede terus di isi bensin sendiri di pom bensin kardna harga bensin di sana mahal banget, gak ikut subsidi pemerintah kayaknya.
-kalo ke bromo mending naik motor aja , karena kalo naik mobil gak bole masuk ke tempat wisatanya, boleh si masuk tapi harus nyewa jeep yang harganya gak murah , sekitar 400-600 ribuan.
-berangkat pagian biar bisa lama di sana
- dan yang paling penting harus mandi dulu

3 comments:

  1. hhahahaha . ngakak sumpah deh baca postingan ini ,,, cukup menghibur dikala stress ngerjain skripsi .. :D hhahha .
    at 01:55am . next post nya ditunggu yak ;)

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. caaammmm... sumpah kalo baca postinganmu di blog serasa ngeliat sisi lain dari kamu, ehm... semacam kepribadian ganda gitu, hahaha
    kalo di kelas pendiem, tapi di dunia virtual (✌゚∀゚)☞ 4l4y, hahaha (ɔˆ ³(ˆ⌣ˆc) justkid

    ReplyDelete